Kamis, 03 November 2011

Our Brain

                Hampir sebagian besar sekolah jaman sekarang lebih mengedepankan pengembangan otak anak sebagai “organ perekam” daripada “organ berpikir”. Bukankah wajar ketika seorang siswa tidak dapat menguasai semua pelajaran yang diberikan oleh guru? Yang harus diperoleh siswa yang sudah belajar adalah kemampuan untuk berpikir secara efektif dan efisien untuk memecahkan masalah. Karena sebenarnya fungsi otak adalah organ pemikir. Dan untuk memecahkan masalah, diperlukan kemampuan berpikir tinggi.
                Untuk menjadi pemikir yang cerdas, kita harus menjadi seorang observer (pengamat), kita harus memperlakukan segala sesuatu lebih dari sekedar melihat, tetapi juga harus MEMPERHATIKAN dan MENGINGAT. Kita harus mulai bertanya pada diri kita sendiri dengan pertanyaan yang bermanfaat tentang apa yang kita lihat. Seperti, ‘mengapa bisa demikian?’, ‘apa yang menyebabkan demikian?’, dsb. Semakin banyak yang kita perhatikan atas sifat-sifat atau ciri-ciri yang dimiliki oleh suatu hal dan semakin banyak kita bisa bertanya tentang sifat-sifat tersebut, besar kemungkinan kita bisa menjadi seorang pemikir yang baik. Karena otak kita menggunakan KRITERIA atau menggunakan sifat-sifat tertentu atas file yang kita perhatikan dan pelajari untuk dimasukkan ke dalam memory kita.
                Pengajaran yang baik adalah pengajaran yang memfasilitasi dan memberi peluang pada siswanya untuk berkembangnya otak kiri maupun otak kanan secara seimbang. Para siswa tidak hanya tahu tentang “sesuatu” tetapi juga dapat bertanya tentang sesuatu dan dapat menyampaikan tentang sesuatu, serta dapat memperagakan tentang sesuatu. WE GROW UP BECAUSE WE SEE, HEAR, SPEAK, AND LEARN!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar